Manusia sebagai pengolah sumber daya alam dituntut semaksimal mungkin untuk mengolah sumber daya alam. Tapi banyak diantara manusia tersebut yang tidak mampu untuk mengolah sumber daya alam yang telah tersedia yang mengakibatkan negara kita selalu tertinggal dari Negara-negara lain diluar sana yang sudah maju. Padahal negara-negara tersebut tidaklah memiliki sumber daya alam sebanyak yang kita punya, tapi mereka selalu dapat mengolah setiap sumber daya alam yang telah tersedia di Negara mereka yang membuat negara mereka terus maju. Dengan kata lain mereka dapat memaksimalkan sumber daya alam tersebut dan memanfaatkan sebaik mungkin.

Maka dari itu yang harus kita lakukan adalah kita harus lebih meningkatkan sumber daya manusia atau kemampuan dari masyarakat kita agar bisa memaksimalkan atau mengolah sumber daya alam kita yang begitu melimpah ini. Bukan mustahil jika kita bisa mengolahnya ,kita akan seperti Negara-negara yang telah maju atau bahkan melebihi mereka. Selain itu aparat hukum sudah seharusnya menghukum orang-orang yang mengeksploitasi sumber daya alam negara untuk kepentingan pribadi, Karena itu jelas merugikan orang lain, dan dapat kita bayangkan bila sumber daya alam habis apa yang akan terjadi pada negara kita, kita, atau anak cucu kita.
Adapun penjelasan dapat di lihat pada power point di bawah ini :
http://www.slideshare.net/Riska_21/keterbatasan-manusia

Dan dapat juga dari video di bawah ini :

Sumber :
http://wahyuda-ekologidanasasasasekologi.blogspot.com/2010/10/keterbatasan-manusia-dalam-mengelola.html
http://www.google.co.id/#sclient=psy-ab&hl=id&source=hp&q=%E2%80%A2%09Keterbatasan+Kemampuan+Manusia+dalam+sumber+daya+alam..ppt&oq=%E2%80%A2%09Keterbatasan+Kemampuan+Manusia+dalam+sumber+daya+alam..ppt&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=e&gs_upl=7339l9116l0l9952l5l5l0l3l0l0l761l1342l5-1.1l2l0&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.,cf.osb&fp=6811fe1a8db8e9dd&biw=1280&bih=673
http://www.youtube.com/results?search_query=daya+dukung+lingkungan+hidup+dalam+sumber+daya+alam&aq=f