Bagaimanapun bentuk badanmu seharusnya kamu bersyukur kepada Tuhan karena telah memberikan hal itu kepadamu. Karena Tuhan pasti mempunyai maksud dan tujuan yang kita tidak pernah tahu, tapi harus kamu tahu bahwa Tuhan memberikan bentuk tubuh, wajah, jalan kehidupan pasti yang terbaik untuk kita. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa wanita baik remaja maupun dewasa bahkan kadang anak-anak bermasalah dengan berat badan. Mereka yang “gemuk” pasti tidak nyaman bergaul karena merasa minder. Tapi tidak usah khawatir, karena kita dapat menjaga berat badan kita agar ideal, bukan lewat jalan pintas seperti sedot lemak ya pastinya.

Berikut ini tips bagaimana menjaga berat badan agar tidak berlebih :
1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
2. Minum banyak air putih, sedikitnya 8 gelas sehari, dan kurangi minum yang manis-manis, seperti sirup, soda, dll.
3. Minumlah susu karena tidak akan membuatmu gemuk. Segelas susu rendah lemak hanya mengandung 80 kalori dan sekaligus mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang pada masa remaja.
4. Sempatkan sarapan setiap pagi. Penelitian menunjukkan bahwa makan pagi dapat membuat kamu belajar lebih baik di sekolah dan akan makan lebih sedikit di sepanjang hari. Sebaliknya, tidak sarapan justru akan menaikkan berat badan karena tubuh menurunkan metabolisme untuk menyimpan tenaga.
5. Berolahraga secara teratur selain untuk menjaga berat badan, olahraga juga baik untuk pertumbuhan tulang yang kuat.
6. Jangan menggunakan obat diet secara sembarangan kecuali dalam pengawasan dokter. Lebih baik konsultasi pada dokter terlebih dahulu agar mendapat solusi yang baik.
7. Wanita akan kehilangan zat besi selama masa menstruasi. Karena itu , pada masa haid harus lebih cermat mengatur kandungan nutrisi yang dikonsumsi. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin K untuk menambah zat besi pada tubuh.

Jangan sampai karena ingin kurus kamu melakukan diet yang berlebihan yang akhirnya memicu timbulnya penyakit. Yang paling rentan adalah penyakit maag. Untuk yang sudah mempunyai penyakit ini lebih hati-hati lagi menjaga asupan makanan. Karena saya juga mengalaminya. Beberapa hal mengurangi timbulnya maag seperti :
1. Kurangi makanan yang pedas dan asam karena memicu timbulnya asam lambung berlebih.
2. Kurangi meminum kopi, teh, dan softdrink karena minuman-minuman itu juga memicu asam lambung.
3. Konsultasi kepada dokter, jangan dibiarkan atau sembarang meminum obat, karena bisa berbahaya.
4. Jangan terlalu banyak pikiran, karena yang memiliki maag biasanya bisa kambuh saat tertekan, kelelahan, atau banyak pikiran.
5. Untuk yang sudah kronis bisa menggunakan omeprazole, yang berfungsi mengobati luka di lambung.

Sedikit berbagi pengalaman saya kepada kamu yang membaca.

Berat badan ideal sendiri dapat dihitung dengan rumus :
(Tinggi Badan [TB] cm) – 100 – 10% (TB-100)

Misalnya TB=150cm
Maka dapat dihitung berat bdan ideal= 150-100-(10% (150-100)) = 50-(10%(50)) = 50-5 = 45kg
Untuk yang memiliki tinggi 150cm jangan khawatir bila berat badan kamu kurang dari 45kg, tetapi bila lebih dari 45kg bisa dijaga dengan pola di atas.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat ya..
^^

Sumber :
Buku I Love My Body (Nayla Fairuzzahra)