Ketahanan nasional (tannas) Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi.pertahanan dan keamanan Indonesia adalah kesemestaan daya upaya seluruh rakyat Indonesia dalam mempertahankan dan mengamankan Negara demi kelangsungan hidup bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia. 

            Asas-asas ketahanan nasional Indonesia adalah sebagai berikut : asas kesejahteraan dan keamanan, asas komprehensif integral atau menyeluruh terpadu, asas mawas kedalam dan mawas keluar dan asas kekeluargaan. ketahanan nasional memiliki sifat dari nilai-nilai dalam landasan dan asas-asasnya sebagai berikut : mandiri, dinamis, wibawa dan konsultasi dan kerjasama.
 

            Postur kekuatan pertahanan dan keamanan mencakup struktur kekuatan, tingkat kemampuan, dan gelar kekuatan. terdapat empat pendekatan yang digunakan untuk membangun postur kekuatan pertahanan dan keamanan yaitu pendekatan ancaman, missi, kewilayahan dan politik. dalam konteks ini perlu ada pembagian tugas dan fungsi yang jelas antara masalah pertahanan dan masalah keamanan.

 

Kehidupan Pertahanan dan Keamanan

Membagun TNI Profesional merupakan implementasi dalam kehidupan pertahanan keamanan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan pertahanan dan keamanan, yaitu :

  • Kegiatan pembangunan pertahanan dan keamanan harus memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk berperan aktif, karena kegiatan tersebut merupakan kewajiban setiap warga negara, seperti memelihara lingkungan tempat tinggal, meningkatkan kemampuan disiplin, melaporkan hal-hal yang mengganggu keamanan kepada aparat dan belajar kemiliteran.
  • Membangun rasa persatuan, sehingga ancaman suatu daerah atau pulau juga menjadi ancaman bagi daerah lain. Rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan erat antara warga negara yang berbeda daerah dengan kekuatan keamanan.
  • Membangun TNI yang profesional serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi kegiatan pengamanan wilayah Indonesia, terutama pulau dan wilayah terluar Indonesia.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Wawasan_Nusantara