Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang organisasi dan arsitektur komputer. Mulai dari definisi keduanya hingga perbedaan keduanya.

Organisasi komputer

Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi (hubungan) antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya atau bagaimana fitur-fitur pada sebuah komputer diimplementasikan.

Contoh : aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka (teknologi interface), teknologi memori, sistem memori dan sinyal-sinyal kontrol.

Misal : Untuk melaksanakan instruksi perkalian, apakah komputer tersebut mempunyai unit hardware pengali, atau menggunakan penjumlahan berulang.

Perbedaan dengan arsitektur komputer : Organisasi dapat berubah-ubah menyesuaikan perkembangan teknologi.

 

Arsitektur komputer 

Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Contoh : set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O (input/output).

Misal : Apakah komputer tersebut memiliki instruksi untuk melakukan perkalian. Intel 8086 dan Pentium Dual Core sama-sama dapat melakukan perkalian.

Perbedaan dengan organisasi komputer : Bertahan selama bertahun-tahun dan meliputi sejumlah model komputer yang berbeda dengan harga dan karakteristik kinerja yang berbeda dan dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

  • Set instruksi (ISA),
  • Arsitektur mikro dari ISA, dan
  • Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Tingkatan dalam arsitektur komputer

Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.

  • Tingkatan dasar arsitektur komputer, pada tingkatan ini hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimna pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardware ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
  • Multilayerd machine, tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayerd machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.

 

Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang  artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Definisi komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Fungsi utama komputer:

  • Pengolahan data – Data processing
  • Penyimpanan data – Data storage
  • Pemindahan data – Data movement
  • Kendali – Control

Struktur dan fungsi komputer:

Penjelasan:

Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

1.       Input Device (Alat Masukan), adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard.
2.       Output Device (Alat Keluaran), adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3.       I/O Ports, bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4.       CPU (Central Processing Unit), CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5.       Memori, memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6.       Data Bus, adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7.       Address Bus, digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
8.       Control Bus, Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
Sekian tulisan dari saya. Semoga bermanfaat ^_^.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputerhttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&cad=rja&sqi=2&ved=0CEkQFjAE&url=http%3A%2F%2Fmti.ugm.ac.id%2F~yudha%2FORKOM%2FPERTEMUAN%25201.ppt&ei=gmVNUqrCBMePiAKh7IGYCQ&usg=AFQjCNEDv3Xz8MokQmhbdnrvClEQ7phshQ&bvm=bv.53537100,d.cGE

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&sqi=2&ved=0CDkQFjAC&url=http%3A%2F%2Flecturer.ukdw.ac.id%2Fmahas%2Fdossier%2Farkom_01c.pdf&ei=gmVNUqrCBMePiAKh7IGYCQ&usg=AFQjCNHrUcRTVqr6vyOX3bs8ShFu0vHmdA&bvm=bv.53537100,d.cGE

http://muhamadsyani.wordpress.com/2012/12/28/arsitektur-komputer/