Mutimedia merupakan hal yang sudah tidak asing dalam kehidupan, multimedia berupa text, audio, video juga animasi. Multimedia yang terdiri dari Telekomunikasi, Internet, Media, dan Entertainment sudah tersedia dalam banyak perangkat dan aplikasi. Contoh perangkatnya adalah laptop, smartphone, smart tv, tab, dan lain-lain. Sedangkan contoh dari aplikasi multimedia diantaranya VoIP (skype, dll), internet player (yahoo, msn, dll), mobile operator (indosat, telkomsel, dll), serta ada juga ISP dan Broadcast Player (firstmedia, indovision, dll).

Dengan text, kita dapat berkirim pesan kepada teman yang jauh. Dengan audio dapat berkirim suara, dengan video dapat melakukan video call, dengan animasi dapat memberikan hiburan. Multimedia sangat dibutuhkan dalam kehidupan sekarang ini baik di lingkungan sekolah, rumah, rumah sakit, dll.

Kegunaan multimedia sekarang lebih condong ke hiburan dan komunikasi seperti halnya gadget yang hampir semua orang memilikinya. Pada gadget kita sudah dapat berkomunikasi dengan berbagai aplikasi baik sms, Whatsapp, BBM, Line, WeChat, selain itu kita bisa streaming YouTube, searching info lewat Google, dapat pula membuat gambar, mengedit gambar, dll.

Manfaat multimedia sangatlah banyak, tapi di lain pihak ada dampak negatif yang ditimbulkan dari berkembangnya multimedia ini. Sudah seharusnya kita menggunakan multimedia dengan bijak agar multimedia lebih bermanfaat lagi.

Advertisements